Menguri-uri budaya Asli Indonesia (Ketoprak)

siang gaes..masih ingat dengan saya? pasti ingat dong ya :D
oke mendingan langsung aja deh...

kalian tahu ketoprak? bukan ketoprak makanan lho ya.
ketoprak adalah salah satu budaya asli dari indonesia yang biasanya membawakan cerita-cerita daerah, kerajaan, asal-usul suatu tempat, kecuali cerita Ranayana dan Mahabarata. ketoprak dimainkan oleh beberapa orang dengan peran masing-masing sesuai yang sudah ditentukan. ketoprak biasanya mengangkat cerita daerah, serta dimainkan dengan menggunakan bahasa jawa ngoko(kasar), maupun krama (halus).
ketoprak dimainkan diatas panggung (jawa:tratak) serta diiringi oleh seperangkat gamelan dan sinden.



bagi kalian yang kurang tahu tentang cerita daerah disekitar kalian, tidak ada salahnya nonton pertunjukan ketoprak gaes, supaya kalian lebih tahu tentang cerita-cerita daerah disekitar kalian.
oh ya..di dusun saya yaitu Dusun Wadung, Desa Kedungtuban, Kec Kedungtuban, Kab Blora terdapat sekelompok orang yang masih cinta dan peduli akan kebudayaan Indonesi.
mereka membentuk sebuah group atau komunitas ketoprak yang diberi nama yaitu Ketoprak Kridolangen Utama yang diketuai oleh mbah Trojamin.
mereka biasanya bermain diacara-acara pernikahan, khitanan, atau sesuai dengan undangan, dan mereka biasanya keseluruhan dibayar sekitar 6 juta rupiah gaes..




 sebenarnya dari segi acting mereka sudah cukup bagus, hanya saja yang kurang mungkin pada bagian panggung dan lightingnya, ya maklum kan, namanya juga didesa :D





tapi ada satu hal gaes yang membuat aku berdecak kagum dan merasa semakin bangga dengan kebudayaan Indonesia, yaitu para panjak (pemain gamelan) memainkan gamelannya dengan sangat kompak, apik serta nyaman dihati. foto-foto yang saya upload diatas-bawah itu saya ambil sendiri dari acara mantenan dirumah tetangga gaes..

ini gaes videonya, tapi cuma sebentar gaes, dan juga cuma make kamera HP yang cuma 2mp, trus malem juga gaes :D


1 Response to "Menguri-uri budaya Asli Indonesia (Ketoprak)"

1) KOMENTAR ANDA HARUS MENGGUNAKAN KALIMAT YANG SOPAN DAN BAIK
2) APABILA ANDA MASIH BELUM MENGERTI MAKSUD DARI ARTIKEL BLOG INI, ANDA BOLEH BERTANYA KEPADA KAMI DI KOLOM KOMENTAR.
3) DILARANG MINTA FOLLOW SEBELUM ANDA FOLLOW BLOG INI.

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG :)